Soal AKM Literasi Teks Informasi

Soal AKM Literasi Teks Informasi

 Berjumpa kembali bersama Website Edukasi, dalam pertemuan ini kembali admin akan membagikan Contoh soal AKM Literasi Teks Informasi untuk adik-adik dikelas 8. AKM Literasi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Literasi Teks Fiksi dan Literasi Teks Informasi.

Contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Teks Informasi ini bertujuan untuk membuat siswa dapat:
Menemukan Informasi
  • Mengakses dan mencari informasi dalam teks
  • Mencari dan memilih informasi yang relevan
Memahami
  • Memahami teks secara literal
  • Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
Mengevaluasi dan merefleksi
  • Menilai kualitas dan kredibilitas konten pada teks informasi tunggal maupun jamak
  • Menilai format penyajian dalam teks
  • Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi
Yuk langsung saja kita simak Soal AKM Literasi Teks Informasi dibawah ini:

Satwa-satwa yang dilindungi di Indonesia.

1.   Harimau Sumatera
Hewan langka yang hanya ada di Indonesia yang pertama adalah Harimau Sumatera. Bisa dibilang Harimau sumatera termasuk satwa kritis karena terancam punah, memprihatinkan sekali karena jumlahnya kini hanya tinggal sekitar 500 ekor.
Hal ini tak lain dikarenakan ulah manusia yang melakukan penebangan hutan secara serampangan dan pemburuan liar juga dituding sebagai penyebab langkanya harimau ini. Harimau ini hanya terdapat di hutan Sumatera.
2.   Cendrawasih
Cenderawasih merupakan spesies endemik yang termasuk ke dalam keluarga Paradisaeidae, atau burung dari surga (paradise). Burung agung dan penuh warna ini dapat ditemukan di Papua, pulau paling timur di Indonesia.
Burung ini, terutama spesies jantannya, memiliki bulu yang sangat berornamen dan halus dengan warna-warna yang cerah dan ekor panjang yang menggantung dengan anggun di tubuh mereka.
Cenderawasih bisa memiliki beberapa campuran warna, dari kuning, cokelat, merah, oranye, hingga warna biru dan ungu yang berbeda-beda.
3. Maleo
Maleo merupakan salah satu jenis endemik Megapode besar yang ada di Pulau Sulawesi. Maleois adalah satu-satunya anggota dari genus monotip Macrocephalo.
Spesies ini dapat ditemukan di hutan dataran rendah dan juga bukit-bukit di Sulawesi.
Maleo adalah salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia.
4. Komodo
Komodo bisa ditemukan di pulau-pulau eksotis Indonesia, seperti Pulau Komodo, Rinca, Padar, dan Flores. Beberapa orang mengamati ukurannya yang besar, dan menyimpulkan bahwa komodo merupakan kadal tertinggi dan terbesar di dunia. Komodo sendiri memiliki panjang yang mencapai hingga tiga meter. Sedangkan beberapa orang lainnya berfokus pada evolusi yang dialami oleh reptil ini. Mereka memberi label komodo sebagai salah satu kerabat dekat dari dinosaurus dan spesies purba tertua yang masih hidup sampai sekarang.
5. Pesut Mahakam
Pesut adalah lumba-lumba air tawar. Seperti Namanya, pesut ini tidak hidup di laut, tetapi di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Keberadaan ikan ini semakin terancam karena pada tahun 2007, ditemukan sejumlah hewan mamalia ini tinggal 50 ekor.
Hewan ini terancam punah karena keberadaannya yang sangat dekat dengan manusia.
Penduduk sekitar memanfaatkan kemunculan pesut sebagai penanda waktu untuk menjaring ikan dan udang yang lebih banyak. Akibatnya, banyak pesut yang juga terjaring, terluka dan akhirnya mati.
1. Berdasarkan bacaan di atas, hewan yang terancam punah adalah ….. (Boleh lebih dari satu jawaban)
A. Pesut Mahakam
B. Cendrawasih
C. Harimau Sumatra
D. Maleo
2. Faktor yang menyebabkan populasi pesut Mahakam semakin berkurang adalah …..
(Boleh lebih dari satu jawaban)
A. Terjaring oleh manusia
B. Manusia yang tinggal dekat dengan Sungai Mahakam
C. Tidak bisa melakukan reproduksi
D. Banjir bandang di Sungai Mahakam
3. Faktor yang menyebabkan harimau Sumatra terancam punah adalah ….. (Boleh lebih dari satu jawaban)
A. Perburuan liar
B. Saling menyerang antar kawanan
C. Penebangan hutan secar illegal
D. Kebakaran hutan
4. Habitat asli daring burung Cendrawasih adalah ,,,,,,
Jawaban: Hutan Papua

5. Apa saja usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian hewan yang terancam punah ……?
Jawaban:
suaka margasatwa, lebih memperketat pengawasan melalui polisi hutan, menjaga kelestarian habitat asli

Pembagian Penyebaran Fauna di Indonesia

Berdasarkan garis pemisah fauna yang dibuat oleh Wallace dan Weber, jenis fauna di Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu fauna Asiatis (Fauna Indonesia bagian barat), fauna Australis (Fauna Indonesia bagian timur) dan fauna tipe peralihan (Australis-Asiatis).
1.   Fauna tipe Asiatis
Fauna tipe Asiatis adalah Jenis fauna yang berada di Indonesia bagian barat. Tepatnya yang berada di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali. Ciri-ciri dari fauna tipe Asiatis ini adalah tidak ada hewan yang berkantung, Hewan Jenis mamalia besar-besar, Terdapat banyak jenis kera dan jenis ikan tawar, serta jenis burung berwarana realtif sedikit jumlahnya.
Contoh Fauna tipe Asiatis adalah :
– Mamalia, meliputi : gajah, badak bercula batu, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet, orang utan, harimau, bajing, kijang, kelelawar, dan babi hutan.
– Reptil, meliputi : buaya, kura-kura, kadal, ular, tokek, biawak, bunglon, dan trenggiling.
– Burung, meliputi : burung hantu, burung Heron, elang, jalak, kutilang, dan merak
– Serangga, misalnya : kumbang badak
– Ikan air tawar, seperti : ikan pesut
2. Fauna tipe Australis
Fauna tipe Australis adalah Jenis fauna yang berada di Indonesia bagian timur, Tepatnya yang berada di wilayah Papu, Kepulauan Aru dan pulau Halmahera. fauna tipe asutralis ini tidak jauh berbeda dengan fauna-fauna yang ada di Australia.
Ciri-ciri dari fauna tipe Australis ini adalah terdapat binatang berkantung, mamalia-mamalia disana berukuran kecil, ikan air tawar yang relatif sedikit, dan banyak ditemukan jenis burung yang memiliki ragam warna serta bulu yang indah.
Contoh Fauna Tipe Australis yang berupa mamalia antara lain kangguru, beruang, walabi, landak irian (nokdiak), kangguru pohon, kuskus, pemanjat berkantung (oposum layang), dan kelelawar. Di wilayah penyebran fauna di indonesia ini, tidak ditemukan kera.
Di samping mamalia tersebut, ada pula fauan berjenis reptil seperti biawak, buaya, ular, kadal. Keragaman berbagai jenis burung ditemui di wilayah persebaran indonesia ini di antaranya burung cenderawasih (hewan endemik ciri khas Indonesia timur), raja udang, nuri, kasuari, dan namudur.
3. Fauna tipe peralihan (Asiatis-Australis)
Fauna tipe peralihan adalah Jenis fauna yang berada di Indonesia bagian tengah, Tepatnya yang berada di wilayah Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara.
Ciri-ciri dari Fauna tipe peralihan adalah jenis faunanya mirip dengan fauna tipe Asiatis dan Australis, terdapat hewan endemik (hewan asli Indonesia), faunanya biasanya tidak memiliki bulu, terdapat bebrapa jenis burung dan hewan langka.
Contoh Fauna tipe peralihan ini antara lain babi rusa, ikan duyung, anoa,kuskus, monyet hitam, sapi, monyet saba, kuda, beruang, tarsius, sapi, & banteng. Selain itu terdapat pula reptil, amfibi, & berbagai jenis burung.
Reptil yang terdapat di penyebaran fauna di Indonesia ini di antaranya biawak, komodo, buaya, & ular. Beragam macam fauna burung yang terdapat di wilayah indonesia ini di antaranya maleo, raja udang, burung dewata, kakatua nuri, rangkong, & mandar.
6. Berdasarkan garis pemisah fauna menurut Wallace dan Weber, fauna di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu …..(Boleh lebih dari satu jawaban)
A. Fauna Asiatis
B. Fauna Campuran
C. Fauna Peralihan
D. Fauna Australiatis
7. Ciri-ciri yang dimiliki oleh fauna tipe Asiatis yang membedakannya dengan fauna tipe lain adalah ……
A. Semuanya merupakan predator ganas
B. Hewan mamalia yang berkantung
C. Terdapat sedikit jenis kera dan ikan
D. Terdapat sedikit jenis burung yang berwarna
8. Badak, tapir, harimau dan orang utan merupakan salah satu jenis fauna yang bertipe …..
A. Asiatis
B. Australis
C. Peralihan
D. Campuran
9. Binatang-binatang yang ada pada semua jenis tipe fauna adalah ….. (Boleh lebih dari satu jawaban)
A. Buaya
B. Kelelawar
C. Ular
D. Burung raja udang
E. Biawak
10. Menurut pendapatmu, apakah Indonesia layak disebut sebagai negara yang kaya akan fauna? Berikan pendapatmu!
Jawaban: layak

Demikian Contoh Soal AKM Literasi Teks Informasi yang dapat admin bagikan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk adik-adik yang akan menghadapi AKM.

Tinggalkan komentar