Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SMA

Berjumpa kembali bersama Website Edukasi, dalam pertemuan ini kita akan merangkum materi pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang SMA mulai dari Kelas XKelas XI dan Kelas XII.

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SMA

Sekolah Menengah Atas (SMA) terdiri dari tiga jenjang yaitu kelas X, XI dan kelas XII. Pada masing-masing tingkatan tersebut tentunya siswa akan mendapatkan pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan tingkatannya. 

Pelajaran Bahasa Indonesia adalah materi utama yang akan diberikan kepada siswa mulai dari jenjang pendidikan terendah yaitu SD hingga SMA. Begitu juga ketika kuliah di Perguruan Tinggi para mahasiswa tetap akan mendapatkan materi Bahasa Indonesia. 

Secara umum materi Bahasa Indonesia di bangku SMA adalah sebagai berikut :

1. Kelas X

Kelas 10 merupakan lanjutan dari kelas 3 SMP (IX) termasuk juga pada materi-materi pelajaran yang diberikan salah satunya Bahasa Indonesia. Saat duduk di bangku kelas 10 atau kelas 1 SMA ini para siswa akan mendapatkan materi Bahasa Indonesia yang terdiri dari :

A. Teks Laporan Hasil Observasi

B. Teks Eksposisi

C. Teks Anekdot

D. Teks Hikayat

E. Teks Negosiasi

F. Teks Debat

G. Teks Biografi

H. Teks Puisi

Kelas XI

Ketika sudah duduk di kelas 2 SMA atau kelas 11 materi pelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan meliputi :

3. Kelas XII

Sedangkan untuk materi siswa Bahasa Indonesia kelas 12 SMA dapat anda pelajari selengkapnya dibawah ini.

Jika dilihat materi Bahasa Indonesia untuk peserta didik yang duduk di kelas 3 SMA sifatnya lebih umum sekaligus memberikan bekal pada siswa setelah lulus sekolah nanti. Contohnya materi membuat lamaran pekerjaan diberikan supaya nantinya siswa yang setelah lulus SMA ingin langsung bekerja bisa membuat surat lamaran kerja yang bagus.

Tinggalkan komentar