Soal Teks Tanggapan Kelas 9

Soal Teks Tanggapan Kelas 9

Buat adik-adik yang duduk di kelas 9, tentu sudah mempersiapkan diri untuk persiapan Ulangan Harian, PAS, PTS dan Ujian Sekolah. Untuk membantu adik-adik kelas 9 belajar, kali ini Website edukasi akan membahas materi soal teks tanggapan kelas 9 bahasa indonesia.. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, hingga contoh soalnya.

Teks tanggapan adalah teks yang berisi tanggapan mengenai suatu peristiwa, fenomena, atau hal lainnya dengan analisis yang mendalam dari berbagai sudut pandang. Tanggapan ini disampaikan tergantung pada pendapat orang yang mengkritisi. Dengan begitu, pengkritisi bisa menyampaikan rasa setuju atau tidak setuju. Tujuan teks tanggapan yaitu untuk memilih salah satu pernyataan, karena teks ini berisi alasan yang mendukung dan yang menolak.

Ciri Ciri Teks Tanggapan adalah sebagai berikut:

  • Memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar dengan disertai fakta dan alasan.
  • Struktur terdiri dari konteks, deskripsi, dan penilaian
  • Kaidah kebahasaan dengan ciri terdapat kata rujukan.
Nah setelah mengetahui beberapa informasi dari soal teks tanggapan kelas 9 smp, yuk kita mulai soal teks tanggapan kelas 9 beserta jawabannya dibawah ini.

 1. Teks tanggapan dibedakan menjadi dua yaitu ….
A. teks tanggapan kritis dan teks tanggapan deskriptif 
B. teks tanggapan kritis dan teks tanggapan naratif
C. teks tanggapan kritis dan teks tanggapan persuasif
D. teks tanggapan kritis dan teks tanggapan argumentatif
2. Berikut ini yang bukan merupakan unsur teks tanggapan kritis adalah….
A. permasalahan yang dikritisi
B. tanggapan berupa kritikan
C. tanggapan berupa pujian
D. ajakan dan saran 
3. (1) Akhir-akhir ini sering diberitakan di media cetak maupun di TV tentang kecelakaan yang melibatkan metromini. (2) Salah satu alat transportasi umum ini memang sedang menjadi sorotan pemerintah pemerintah Jakarta dikarenakan banyak kasus kecelakaan yang disebabkan alat transportasi ini. (3) Dari kasus-kasus kecelakaan tersebut terjadi karena beberapa hal, seperti sopir yang kelelahan, pengendara yang ugal-ugalan, kelalaian terhadap peraturan lalu lintas, serta kondisi metromini yang sudah tidak layak jalan. (4) Faktor terbesar dari kecelakaan tersebut adalah kelalaian sopir.
Bagian struktur yang terkandung dalam kutipan teks tersebut adalah ….
A. resolusi
B. evaluasi 
C. deskripsi teks
D. penegasan ulang
4. (1) Akhir-akhir ini sering diberitakan di media cetak maupun di TV tentang kecelakaan yang melibatkan metromini. (2) Salah satu alat transportasi umum ini memang sedang menjadi sorotan pemerintah pemerintah Jakarta dikarenakan banyak kasus kecelakaan yang disebabkan alat transportasi ini. (3) Dari kasus-kasus kecelakaan tersebut terjadi karena beberapa hal, seperti sopir yang kelelahan, pengendara yang ugal-ugalan, kelalaian terhadap peraturan lalu lintas, serta kondisi metromini yang sudah tidak layak jalan. (4) Faktor terbesar dari kecelakaan tersebut adalah kelalaian sopir.
Gagasan pokok paragraf di atas terletak pada kalimat ke- ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4) 
5. (1) Akhir-akhir ini sering diberitakan di media cetak maupun di TV tentang kecelakaan yang melibatkan metromini. (2) Salah satu alat transportasi umum ini memang sedang menjadi sorotan pemerintah pemerintah Jakarta dikarenakan banyak kasus kecelakaan yang disebabkan alat transportasi ini. (3) Dari kasus-kasus kecelakaan tersebut terjadi karena beberapa hal, seperti sopir yang kelelahan, pengendara yang ugal-ugalan, kelalaian terhadap peraturan lalu lintas, serta kondisi metromini yang sudah tidak layak jalan. (4) Faktor terbesar dari kecelakaan tersebut adalah kelalaian sopir.
Faktor penyebab kecelakaan metromini sesuai isi teks di atas sebagai berikut, kecuali ….
A. supir yang kelelahan
B. pengendara yang ugal-ugalan
C. jalanan yang padat 
D. kelalaian terhadap peraturan lalu lintas
6. Sebenarnya saya sebagai penanggap setuju dengan pernyataan bahwa rokok sangat berbahaya bagi tubuh. Bukan hanya rokoknya saja, tetapi asapnya juga berbahaya karena di dalam rokok terdapat bahan yang sangat berbahaya yang mengakibatkan penyakit dan membuat ketagihan. Selain itu, rokok juga menyebabkan kita hidup boros.
Topik yang dibahas dalam kutipan teks tanggapan tersebut adalah ….
A. bahaya rokok 
B. manfaat rokok
C. produksi rokok
D. kebijakan mengenai rokok
7. Sebenarnya saya sebagai penanggap setuju dengan pernyataan bahwa rokok sangat berbahaya bagi tubuh. Bukan hanya rokoknya saja, tetapi asapnya juga berbahaya karena di dalam rokok terdapat bahan yang sangat berbahaya yang mengakibatkan penyakit dan membuat ketagihan. Selain itu, rokok juga menyebabkan kita hidup boros.
Penulis dalam teks di atas memberikan …. terhadap rokok.
A. pujian
B. persetujuan 
C. kritikan
D. penegasan
8. Gubernur Jawa Tengah tersebut melontarkan wacana penerapan lima hari sekolah di Jawa Tengah.
Kalimat tersebut dilihat dari verba pengisi fungsi predikat termasuk jenis kalimat ….
A. pasif
B. aktif 
C. nominatif
D. inversi
9. Wacana tersebut banyak ditanggapi beragam dari sejumlah kalangan.
Pada kalimat tersebut terdapat penggunaan kata tugas, yaitu …..
A. wacana
B. tersebut
C. banyak
D. dari 
10. Wacana penyelenggaraan ujian nasional online sudah dilempar ke masyarakat …. awal tahun 2014.
Kalimat sambung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ….
A. setelah
B. sejak 
C. kemudian
D. karena
11. Bacalah kedua tek dibawah ini!
Teks 1
Buku pengkajian Puisi karya Rahmad Joko Pradopo ini pembahasannya sangat bagus karena dilengkapi dengan contoh-contoh analisis semiotik maupun hubungan intertekstualnya. Analisis yang cukup rinci akan menambah pengetahuan pembaca untuk memahami puisi. Buku ini pantas dimiliki pembaca yang ingin belajar memahami puisi.
Teks 2
Buku Kesenian Indonesia pada Era Global mengupas konsep budaya dan bagian-bagiannya serta jenis dan bentuk budaya Indonesia. Buku Kesenian Indonesia pada Era Global juga menjelaskan keunikan dan potensi budaya Indonesia di dunia internasional hingga realisasi diplomasi budaya Indonesia di dunia internasional. Namun, bentuk budaya Indonesia yang ditampilkan pada buku Kesenian Indonesia pada Era Global kurang mewakili budaya daerah setiap wilayah di Indonesia.
Pernyataan yang benar tentang bentuk teks tanggapan di atas adalah …
a. Teks 1 berbentuk kritikan dan teks 2 berbentuk pujian
b. Teks 1 berbentuk pujian dan teks 2 berbentuk kritikan 
c. Teks 1 dan teks 2 berbentuk pujian
d. Teks 1 dan teks 2 berbentuk kritikian
12. Kalimat pujian yang baik terhadap sebuah patung adalah …
a. Patung tersebut memiliki detail yang menarik, sayang ukiran patung tersebut tidak rata
b. Patung tersebut memiliki bentuk yang unik, tetapi bentuk tangan patung tidak proporsional
c. Patung yang sangat indah akan menarik untuk dinikmati oleh masyarakat.
d. Perpaduan unsur modern dan tradisional membuat patung ini begitu istimewa 
13. bacalah dengan cermat teks dibawah ini!
Sebuah karya seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro Affandi, melukiskan sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh, area perkebunan berbukit yang masih alami tampak terlukis apa adanya dari alam, untuk menghidupkan suasana pada lukisan, dihadirkannya figur manusia sebagai objek pendukung, tetapi inti dari lukisan, yang menunjukkan adanya aktivitas kehidupan yang menyatu dengan alam.
Kalimat di atas bertujuan untuk …
a. Menunjukkan kelebihan karya
b. Menunjukkan kekurangan karya
c. Memuji karya seni lukisan Affandi 
d. Mendeskripsikan karya
14. Bacalah dengan cermat teks dibawah ini!
Dalam rangka memperingati ulang tahun SMP Negeri 1 Tompasobaru, OSIS SMP Negeri 1 Tompasobaru mengadakan pementasan teater. Pementasan tersebut dihadiri beberapa tamu undangan, guru, pegawai dan siswa siswi SMP Negeri 1 Tompasobaru. Beberapa tamu undangan mengatakan bahwa pementasan tersebut sangat bagus. sementara itu beberapa siswa mengatakan bahwa pementasan tersebut sangat jelek dan tidak pantas untuk dipertunjukkan di depan tamu undangan.
Kalimat kritikan santun yang dapat digunakan untuk mengkritik pementasan teater tersebut adalah…
a. Pementasan teater tadi hanya seperti orang ribut saja. Cerita dalam pertunjukan tadi sulit untuk dipahami. Murid SD pun saya kira dapat melakukannya.
b. Tidak sepantasnya pementasan seperti itu dipertontonkan di hadapan banyak tamu undangan. Apakah panitia tidak merasa malu menampilkan pementasan seperti itu.
c. Tetater dari SMP Negeri 1 Tompasobaru masih perlu berlatih secara intensif lagi agar penampilannya lebih meyakinkan. Jika pembenahan terhadap latihan dilakukan, saya ayakin penampilan selanjutnya akan lebih baik. 
d. Kelompok teater SMP Negeri 1 Tompasobaru sesungguhnya memiliki bakat dalam seni pementasan. akan tetapi, kelompok teater tersebut kurang diperhatikan dan dibiarkan terbengkalai.
15. Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.
Paragraf ini berdasarkan isi dan cirinya merupakan bagian dari teks ….
A. teks eksemplum
B. teks tanggapan 
C. teks cerpen
D. teks tanggapan deskriptif
16. Cermati kutipan teks tanggapan kritis berikut ini!
Film ini kemudian berbicara tentang keserakahan Wak Weceh yang hendak mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dari popularitas Tina. Sutradara Aditya Gumay juga sempat berusaha menyampaikan sindirannya terhadap orang tua atau anggota keluarga yang berambisi agar seorang anak bisa terkenal.
Kutipan teks tanggapan tersebut menjelaskan ……… film.
a. kuantitas
b. resume
c. kelebihan
d. kekurangan 
17.Salah satu struktur teks tanggapan adalah….
a. Evaluasi 
b. kesimpulan
c. deskripsi prosedur
d. langkah kerja
18. salah satu contoh teks tanggapan …
a. Si pitung di Batavia
b. Nelson Mandela 
c. SMA atau SMK 
d. Prosedur pembuatan SIM
19. Ciri-Ciri Teks Tanggapan adalah…
a. struktur terdiri dari orientasi, Insiden, interpretasi dan amanat
b. ciri-ciri bahasa menggunakan kalimat kompleks, kata rujukan dan konjungsi
c. strukturnya terdiri dari Evaluasi, Deskripsi teks, penegasan ulang 
d. memuat cerita fiski
20. Di Indonesia masih banyak ditemukan layanan yang terkesan tidak menyeluruh, peralatan kurang canggih, dan dokter-dokter yang terlihat tidak percaya diri. Padahal kalau ditilik secara keseluruhan, RS di Indonesia banyak yang memiliki layanan yang lebih bagus serta peralatan lebih lengkap dan tentu saja lebih murah karena lokasinya dekat.
a. Ulasan
b. Tanggapan deskriptif 
c. Tanggapan
d. Eksposisi
Jika adik-adik merasa kurang leluasa karena keterbatasan waktu dalam mengerjakan Soal Teks Tanggapan Kelas 9 ini, soal ini dapat diunduh juga melalui tautan berikut ini:
Demikian Contoh Soal Teks Tanggapan Kelas 9 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk adik-adik yang sedang mencari soal teks tanggapan kelas 9 pilihan ganda beserta jawabannya.

Tinggalkan komentar