RPP Teks Eksposisi Daring Bahasa Indonesia Kelas 10

Selepas menamatkan materi mengenai Teks Laporan Hasil Observasi, maka selanjutnya siswa kelas 10 mesti membahas Teks Eksposisi. Dengan kata lain, teks ini adalah pembahasan kedua bagi siswa yang baru saja menginjak bangku SMA dan sederajat. Sehingga setiap guru yang bertugas mesti menyiapkan RPP Teks Eksposisi.

Sebagaimana yang Bapak dan Ibu Guru ketahui, teks yang satu ini menuntut nalar siswa untuk bekerja. Pasalnya, teks ini adalah jenis teks yang memancing munculnya pendapat dan argumentasi. Di dalam argumen itu, sebagaimana kita ketahui, ada data-data dan bangunan premis yang mesti dibangun.

Siapa yang tau, kelak siswa anda mungkin saja ada yang menjadi seorang pakar yang berbicara untuk beraneka bidang. Mereka menebarkan manfaatkan dengan gagasan dan deretan argumentasi yang dibangunnya. Alangkah bahagia jika seandainya pondasi dari keterampilan tersebut didirikan oleh anda sebagai guru bahasa Indonesia.

Nah, untuk keperluan kita bersama sebagai sesama guru bahasa Indonesia, saya coba menyajikan RPP Teks Eksposisi yang saya susun berdasarkan situasi dan kondisi dimana tempat saya mengajar. Ini adalah RPP Format Satu Lembar yang di siapkan untuk pembelajaran jarak jauh dengan mode daring.

Tentu saja mengingat kondisi masing-masing siswa yang sangat mungkin beragam di berbagai sekolah, RPP ini tidak cocok di tempat anda. Jika itu yang terjadi, anda boleh saja merevisinya dan menyesuaikannya dengan pertimbangan kontekstualitas. Oke?

Baca juga: Bahan Ajar Materi Teks Eksposisi

RPP Teks Eksposisi KD 3.3 dan 4.3 Bahasa Indonesia Daring


Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu melakukan analisis terhadap struktur serta unsur kebahasaan dari teks eksposisi.
  2. Siswa mampu melakukan proses konstruksi terhadap teks eksposisi dengan memperhatikan isi teks eksposisi berkaitan dengan struktur dan unsur kebahasaannya.

Bahan dan Media

  1. Bahan pertama adalah contoh teks eksposisi yang dibuat dalam media gambar micro blog, file pdf, atau file powepoint yang berisi tulisan dan disisipi gambar agar tampak menarik ketika diterima oleh siswa. Jadi bukan hanya teks saja.
  2. Bahan selanjutnya adalah video debat yang didapat dari media Youtube. Salah satunya bisa menggunakan tayangan acara diskusi semacam Indonesia Lawyer Club. Hal ini untuk memberikan gambaran bahwa fungsi teks eksposisi adalah membantu manusia untuk berpendapat dengan terarah dan meyakinkan sesuaui strukturnya.
  3. Bahan ketiga adalah materi yang mungkin disampaikan oleh guru dalam kemasan yang singkat dan padat. Pengolahan dan pengiriman bahan dapat menggunakan media audio seperti perekam suara, podcast, ataupun voice note whatsapp.
  4. Media whatsapp grup, google classroom, atau aplikasi sejenisnya sebagai pengganti forum kelas.

Persiapan Pembelajaran

  1. Guru mempersiapkan kuota internet sebagai sarana kelancaran komunikasi berikut dengan baterai gawainya agar tidak putus komunikasi di tengah pertemuan daring.
  2. Guru menyiapkan bahan ajar dan media ajar dalam mode siap kirim. Simpan dalam satu folder yang sama untuk memudahkan pencarian dan pengiriman.
  3. Guru mengecek lingkungan sekitarnya. Memperhatikan apa yang sekiranya berpotensi mengganggu. Setelah itu, kondisikan agar potensi gangguan tak muncul.
  4. Guru melakukan persiapan terkait berbagai instruksi yang akan disampaikan kepada siswanya. Dengan bahasa yang mudah dan ramah untuk pemahaman siswa.

Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

  • Guru mengucapkan salam kepada siswa. Disertai dengan sapaan yang memotivasi dan penuh semangat.
  • Guru melakukan pemasanan forum dengan melakukan tanya jawab ringan dengan siswa yang menghuni kelas daring. Hal ini agar siswa yang hendak belajar tidak berada dalam konisi tegang.
  • Guru mengecek kehadiran siswa dengan format yang telah disiapkan. Bisa dengan pesan tempel di whatsapp group, bisa melalui google forms, atau aplikasi absensi lain semisal zoho.
  • Guru mengingatkan batas waktu abensi dan menegakkan kedisiplinan manakala ada siswa yang melakukan absen tidak sesuai waktunya. Terkait hal ini, alangkah baik diberikan sanksi mendidik bagi pelanggar sebagai efek jera.
  • Guru memberikan informasi apabila ada siswa yang belum mengumpulkan tugas pada pertemuan sebelumnya. Tekankan bahwa tugas penting dikerjakan.
  • Guru menyampaikan sedikit ulasan terkait materi sebelumnya seraya menjelaskan gambaran singkat tentang materi yang akan dibahas dalam pertemuan ini.

2. Kegiatan Inti

  • Guru memberikan link youtube tayangan video yang berisi tokoh tertentu yang sedang berargumen.
  • Setelah memastikan semua siswa menontonnya, guru memberi penjelasan kepada siswa bahwa Teks Eksposisi yang akan dibahas adalah teks yang dapat menunjang  siswa untuk dapat menyampaikan pendapat dan argumentasi sebagaimana tokoh-tokoh hebat di dalam video. Lakukan sedikit diskusi kecil tentang hal ini dengan siswa.
  • Guru mengirimkan contoh teks eksposisi yang sudah ada dalam format tertentu dan bukan hanya berisi tulisan namun disertai gambar. Hal ini diharapkan akan membuat siswa tidak malas duluan apabila melihat file padat yang dari ujung ke ujung isinya hanya berupa huruf, kata, kalimat, dan tentu paragraf.
  • Guru bertanya jawab dengan siswa terkait isi dari teks yang dikirimkan. Pola tanya jawab dilakukan sedemikian rupa hingga siswa dapat berkesimpulan bahwa teks eksposisi memiliki struktur dan unsur kebahasaan tertentu.
  • Pungkas kegiatan tanya jawab dengan voice note atau perekam suara yang menegaskan tentang strktur dan unsur kebahasaan teks eksposisi.
  • Berikan siswa beberapa pilihan isu untuk dipilih dan disusun menjadi kerangka teks eksposisi yang dapat dikembangkan. Kemudian tanyakan pendapat siswa berikut alasan dibalik pendapatnya. Misalnya, isu remaja Bucin, isu fenomena kecanduan game online, dan sebagainya. Tanyai siswa mengenai hal tersebut. Bisa dimulai dengan pertanyaan setuju atau tidak. Berikut dengan menugaskan mereka menyampaikan alasannya.
  • Berikan siswa tenggat waktu dalam pengiriman tugas dan ruang untuk bertanya manakala ada yang tidak mereka mengerti.

3. Kegiatan Penutup

  1. Guru memberikan kesimpulan mengenai pertemuan yang sudah dilaksanakan.
  2. Guru mengevaluasi secara ringkas tugas-tugas yang masuk. Menyampaikan inti, kesalahan umum, dan perbaikan.
  3. Guru memberikan penghargaan yang wajar bagi siswa yang aktif dan mengerjakan tugas dengan baik.

Penilaian

1. Pengetahuan

Indikator pengetahuan dalam kegiatan daring dapat diukur dari konten-konten yang disampaikan siswa dalam diskusi dan hasil pekerjaan tugasnya.

2. Sikap

Indikator sikap siswa pada kegiatan belajar daring ini bisa dilihat dari beberapa hal. Mulai dari kehadirannya di dalam grup, ketaaatannya terhadap kontrak belajar, penghargaannya kepada guru serta teman-temannya yang berada di grup.

3. Keterampilan

Indikator keterampilan bisa di ambil dari cara berkomunikasi yang dilakukan siswa di forum grup. Kesantuannya, pemilihan diksinya, serta cara berbahasanya.

Nah, demikianlah contoh RPP Teks Eksposisi Bahasa Indonesia. Mudah-mudahan ada manfaatnya walau pasti hanya sedikit. Untuk KD selanjutnya akan saya susun kemudian.

Tinggalkan komentar