RPP Teks Eksplanasi Daring Bahasa Indonesia Kelas 11

Setelah membahas Teks Prosedur, siswa kelas 11 SMA, SMK dan sederajat beranjak menuju pembahasan Teks Eksplanasi. Teks ini bisa dibilang merupakan bahasan yang menarik. Mengingat di dalamnya guru dapat bereksplorasi dengan berbagi wawasan dan pengetahuan tentang berbagai macam fenomena yang mungkin belum banyak diketahui oleh siswa.
Oh ya, sebelum saya masuk ke dalam pembahasan tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Eksplanasi, Bapak dan Ibu guru boleh untuk memahami ulang terlebih dahulu tentang Materi Teks Eksplanasi di artikelini. Disana saya sedikit mengulas tentang pengertian, karakteristik, kaidah kebahasaan dan tentu saja strukturnya.

Anda juga bisa mendapatkan contoh teks di artikel 12 contoh teks eksplanasi berikut pilihan media pembelajaran yang sudah saya buat.

Baiklah, di dalam artikel ini yang akan saya sajikan adalah pembahasan RPP Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia KD 3.3 dan 4.3. Dengan kata lain, ini ditujukan untuk pertemuan yang pertama. Adapun untuk yang kedua, insya Allah akan di update nanti.
Selain itu, yang penting digaris bawahi, RPP ini disusun dalam konteks format pembelajaran jarak jauh dengan mode daring. Jika anda menggunakan luring, maka bisa saja ini digunakan namun dengan revisi tentunya.

RPP Teks Eksplanasi KD 3.3 dan 4.3 Bahasa Indonesia Daring Kelas 11


Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu mengidentifikasi informasi berupa pengetahuan dan proses kejadian yang terdapat dalam teks eksplanasi yang didengar atau dibacanya
  2. Siswa mampu mengembangkan isi teks eksplanasi baik secara lisan maupun tulis dalam bentuk menyajikan hasil karyanya

Media dan bahan

  1. Untuk menunjang siswa dengan gaya belajar audio sekaligus visual, media yang digunakan media video. Video yang dimaksud adalah video yang berisi tentang penggambaran fenomena alam dan sosial. Sumbernya berasal dari youtube. 
  2. Sebagai alternatif apabila siswa tidak memiliki kuota yang memadai untuk menonton video, guru menyiapkan microblog yang berisi fenomena alam dan sosial. Microblog bisa dibuat di aplikasi canva atau powerpoint. Dengan menyandingkan teks dengan gambar agar siswa lebih mudah menangkap gambaran dari fenomena dalam teks.
  3. Media podcast atau perekam suara yang berisi penjelasan dan pendalaman guru terhadap pembahasan teks eksplanasi. Bisa dibuat dalam voice note whatsapp atau supaya lebih menarik dan suaranya bisa di barengi musik latar, guru membuat podcast di aplikasi anchor.
  4. Media whatsapp group sebagai forum untuk berkomunikasi.
  5. Bahan adalah buku teks dan sumber referensi lain yang memadai dari internet. 

Persiapan Pembelajaran

  1. Guru memastikan ketersedian baterai dan kuota internet yang ada di perangkat smartphone atau laptop yang digunakannya dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh daring agar tidak mengganggu di tengah pembelajaran.
  2. Guru memastikan kesiapan kelengkapan bahan serta media ajar yang akan digunakan. Terutama keberfungsian dan kepraktisannya agar dapat dengan mudah dikirimkan kepada siswa.
  3. Guru melakukan pengondisian terhadap situasi lingkungan yang ada disekitarnya agar dalam proses belajar tidak ada gangguang teknis yang berpotensi menghambat.
  4. Guru menyiapkan berbagai instruksi yang jelas untuk tugas-tugas yang akan dikirimkan dengan mudah dan dapat dipahami oleh siswa.

Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

  • Guru menyampaikan salam pembuka berikut sapaan hangat yang memberi semangat ke dalam grup dalam bentuk voice note.
  • Guru  manyampaikan obrolan pancingan yang ringan untuk menghangatkan suasana grup dan memicu keaktifan siswa di dalam grup.
  • Guru mengecek kehadiran siswa dan menghimpun absensi, memastikan siswa sudah siap belajar dan memulai kegiatan.
  • Guru meminta salah satu siswa di dalam grup untuk membuka kelas dengan membacakan basmalah atau surah al fatihah untuk membuka pembelajaran.
  • Guru menyampaikan gambaran kegiatan yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung.

2. Kegiatan Inti

  • Guru mengirimkan link video dari youtube yang sudah disiapkannya. Video yang dikirimkan temanya dua. Pertama, fenomena alam. Kedua, fenomena sosial. Sebagai alternatif bagi siswa yang tidak memiliki kuota memadai, kirimkan juga microblog berisi contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam dan fenomena sosial. Proses menyimak atau membaca diberikan batasan waktu sekitar 10 menit.
  • Guru bertanya jawab dengan siswa tentang teks apa saja dikonsumsi oleh siswa. Mulai dari topiknya, kontennya, pembahasannya, dan sebagainya. Proses tanya jawab diarahkan pada dua hal.
  • Pertama, untuk membuat siswa mengungkapkan pengetahuan baru siswa tentang apa yang baru saja disimaknya. Kedua, untuk membuat siswa pada kesimpulan bahwa pada setiap fenomena ada proses atau sebab akibat dibaliknya.
  • Guru memberikan kesimpulan, meluruskan, dan menegaskan pemahaman kepada siswa bahwa yang mereka sudah saksikan atau baca adalah teks-teks atau video yang memuat narasi teks eksplanasi. Penjelasan ini agar ringkas dan tidak melelahkan dibuat dalam bentuk voice note.
  • Guru memberikan kepada siswa pilihan fenomena untuk dikembangkan dalam bentuk teks eksplanasi yang berisi proses kronologis kejadian atau sebab akibat. Pilihan yang diberikan kepada siswa adalah fenomena yang dekat dengan kehidupannya. Misalnya tiga pilihan: fenomena wabah covid-19, fenomena Buci n, fenomena kecanduang game, dan semisalnya. Sebaiknya pilihan adalah hal-hal yang juga mungkin di alami oleh siswa agar lebih kontekstual.
  • Guru memberikan instruksi bagi siswa untuk membuat sebuah teks eksplanasi sesuai dengan pilihan fenomena peristiwa yang dipilihnya. Berikan siswa batas waku agar meskipun di daring, mereka tetap berlatih tanggung jawab.

3. Kegiatan Penutup
  • Guru memberikan kesimpulan dari pertemuan yang telah dilakukan selama pembelajaran jarak jauh daring.
  • Guru memberikan apresiasi bagi siswa yang terlibat aktif dengan mengucapkan terimakasih dan reward yang membuat siswa yang lain terpacu untuk aktif juga.
  • Guru memberikan peringatan bagi siswa yang tidak aktif dan mengirimkan tugas agar menjadi lebih baik di pertemuan berikutnya.

Penilaian

1. Pengetahuan

Penilaian pengetahuan dapat didasarkan dari tugas membuat teks eksplanasi yang dibuat oleh siswa serta pikiran-pikiran yang muncul dari kepala siswa ketika terjadi diskusi atau tanya jawab di dalam grup.

2. Sikap

Penilaian sikap dapat didasarkan pada sikap siswa selama berada dalam gru whatsapp. Mulai dari kesediaannya menjawab salam, keaktifannya, dan kedisiplinannya melakukan absensi di dalam grup.

3. Keterampilan

Penilaian keterampilan dapat didasarkan pada cara siswa dalam megeksprikan komunikasi berbahasanya di dalam grup. Kesantunannya, pemilihan diksinya, termasuk kecerdasannya dalam menggunakan emoticon.
Nah, demikianlah contoh RPP Teks Eksplanasi Daring Kelas 11 untuk KD 3.3 dan 4.3. Silakan diikuti jika dipandang baik, direvisi juga dipandang bisa lebih baik, dan abaikan jika tidak cocok diterapkan di kelas anda. “Sebaik-baik guru adalah yang membuat RPP sendiri.”

Tinggalkan komentar