4 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Salah satu yang dapat membuat kita memahami suatu teks adalah dengan melihat langsung contoh teks yang sedang dibahas. Termasuk, ketika membahas teks eksposisi. Nah, berikut ini saya sajikan contoh-contoh teks eksposisi dengan berbagai topik.

Contoh Teks Eksposisi

1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Covid 19

Mewaspadai Covid 19


Tesis
Akhir tahun 2019 adalah awal dari petaka itu muncul. Yakni sebuah virus mulanya berasal dari Wuhan Cina, lalu dengan cepat terus menyebar hingga penjuru dunia. Hingga sampai di Indonesia pada bulan Maret. Penyakit ini terus berkembang tak terkendali hingga kini tulisan dibuat. Menyikapi hal itu, kita tak boleh menganggap remeh. Namun, justru harus waspada.
Argumentasi
Kewaspadaan itu mesti dilakukan karena penyakit ini bukan penyakit biasa. Covid 19 adalah kategori penyakit menular dengan cara penularan yang sangat mudah. Salah satunya melalui air ludah yang tentu saja sulit dideteksi. Sehingga, orang akan sulit mengetahui apakah orang lain yang ditemuinya menderita covid 19 atau tidak.
Banyak kasus, penularan terjadi tanpa disadari Hal ini karena Covid 19 bukan penyakit menular biasa. Gejalanya bisa berat, namun bisa juga ringan, bahkan nampak tidak ada gejalanya. Berbeda dengan penyakit menular lain yang bisa terdeteksi pengidapnya karena gejalanya jelas nampak.
Hal yang juga dikhawatirkan, Covid 19 ini juga termasuk mematikan. Sudah banyak orang meninggal akibat terjangkit virus yang satu ini. Di Indonesia, jumlahnya juga mencapi ribuan.
Penegasan
Dengan berbagai kenyataan tersebut, sudah semestinya kita hati-hati. Jangan menganggap enteng penyakit yang satu ini. Kewaspadaan harus dilakukan dengan mengikuti berbagai protokol kesehatan. Mulai dari pakai masker, jaga jarak, hingga cuci tangan.

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan


Tesis
Olahraga adalah kegiatan yang penting bagi kesehatan tubuh. Meskipun demikian, ada saja orang yang malas melakukannya. Ketimbang olahraga, banyak yang berpikir lebih baik rebahan saja. Padahal, efek yang ditimbulkan dari kegiatan olahraga sangatlah banyak.
Argumentasi
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kathleen Zelman, seorang pakar kesehatana, ketika olahraga tubuh manusia jadi lebih leluasa bergerak. Hal itu memicu munculnya proses kerja metabolisme tubuh dan sirkulasi darah yang semakin lancar. Sehingga tubuh menjadi lebih kuat dari serangan berbagai penyakit.
Bukan hanya itu, menurut penelitian, olahraga juga bisa membuat manusia memiliki badan yang lebih tegap dan tidak bungkuk ketika berjalan. Bahkan, lebih dari itu, olahraga juga memiliki efek bagi kesehatan otak.
Olahraga yang teratur dan rutin dilakukan oleh seseorang, terutama yang masih anak-anak, akan membuat daya pikirnya bertambah. Sehingga iapun memiliki kecerdasan yang lebih.
Penegasan
Dari berbagai uraian di atas, menjadi jelas bahwa yang namanya olahraga ini sangat penting. Sebaiknya, semua manusia menyadari dan segera rutin melakukannya.

3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan (Sampah)

Bahaya Sampah Plastik untuk Lingkungan Sekitar


Tesis
Sampah plastik adalah salah satu jenis sampah yang marak diproduksi manusia di belahan dunia. Termasuk, di Indonesia. Bisa dibilang, plastik menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Bukan hanya dalam penggunaannya, namun juga pembuangannya. Banyak orang dengan begitu mudahnya membuang sampah jenis ini. Padahal, dampaknya sangat berbahaya
Argumentasi
Mengapa demikian? Ada banyak alasannya. Pertama, plastik adalah benda yang sulit diurai oleh tanah. Ia baru bisa diurai dan menyatu dengan tanaj manakala usianya sudah mencapai 200 bahkan hingga 400 tahun. Tentu saja ini mengakibatkan tanah yang didalamnya tertimbun plastik jadi kurang subur.
Selain itu, plastik yang menumpuk di saluran-saluran air juga bisa menimbulkan bencana. Salah satu yang sering terjadi adalah banjir. Banyak terjadi ketika banjir, sampah-sampah yang mengambang adalah yang berjenis plastik. Itu menandakan bahwa fakta ini memang benar adanya.
Lain di darat, laun di laut. Di lautan, sampah plastik bisa juga menghancurkan ekosistem lautan. Menurut sebuah data, sampah plastik ini sudah membunuh jutaan burung laut, sekitar 100 ribu mamalia yang ada di laut, dan tentu saja ikan yang bertebaran di dalamnya. Banyak hewan yang mati gara-gara sampah ini tertimbun dilaut.
Penegasan
Nah, setelah mengetahui bahayanya tersebut, kira-kira, apakah kalian akan tetap berlebihan dalam menggunakan sampah plastik dan membuangnya? Jika kalian peduli pada lingkungan, sebaiknya itu tidak dilakukan. Oke?

4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Alam 

Menjaga Alam Dari Polusi Udara


Tesis
Polusi udara adalah pencemaran lingkungan yang mencemari udara yang ada di kehidupan manusia. Biasanya, yang banyak kita saksikan adalah dalam berbagai bentuk asap. Seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor, asap kebakaran hutan, hingga asap sisa pembuangan produksi pabrik. Semua asap ini bisa disaksikan dengan mudah disekitar kita. Padahal, semua itu memiliki dampak yang buruk bagi kehidupan manusia.
Argumentasi
Salah satu efek buruk dari polusi ini dapat membuat kesehatan kulit terganggu. Orang yang sering bersentuhan dengan polusi udara, kulitnya bisa menjadi kusam. Sehingga nampak tidak sedap dipandang. Bukan hanya itu, bisa juga merusak kolagen, membuat munculnya flek di wajah, hingga bisa menjadikan manusia terkena kanker kulit.
Banyak juga penyakit-penyakit berat lain yang menjadi akibat dari banyaknya bersentuhan dengan yang namanya polusi udara. Diantaranya adalah infeksi saluran pernafasan atau ISPA, pneumonia, penyakit jantung, strooke, hingga penyakit paru-paru yang berada pada tahap kronis.
Penegasan
Oleh karena itu, menjadi penting bagi kita menjaga diri dari polusi udara. Meski, alangkah lebih bagus kalau negara juga hadir dan bersikap tegas agar para pelaku pencemaran udara itu diberi peringatan. Sehingga kemudian tidak lagi menebarkan berbagai polusi udara yang membuat rusak alam ini.

Tinggalkan komentar